Sunday, May 1, 2016

Gudeg enak, Gudeg Yu Djum Jogyakarta

Gudeg Yu Djum
Hari masih pagi ketika pesawat Airasia Indonesia dengan nomor penerbangan QZ 7556 yang berangkat dari bandara Soekarno mendarat dengan mulus di Bandara Adisutjipto Jogjakarta. saya, istri dan anak saya bergegas keluar ruang kedatangan bandara adisutjipto setelah mengambil bagasi saya. saya lalu menelepon Supir mobil sewaan, alhamdulillah Si Sopir sudah menunggu saya di pintu keluar. di dalam mobil saya meminta pak sopir untuk mengarahkan mobilnya ke Gudeg Yu Djum, Si sopir pun langsung mengarahkan mobilnya ke Gudeg Yu Djum. saya sengaja memilih Gudeg yu djum sebagai tempat sarapan pagi saya, hasil beberapa kali saya searching  di google dan beberapa itinerary yang saya baca di blog perjalanan, dimana rata-rata ketika sampai di kota yogyakarta mereka menyarankan sarapan pagi dengan makan gudeg di Yu Djum. suasana di Gudeg yu Djum masih belum banyak pengunjung ketika mobil sewaan saya memasuki halaman. beberapa pelayan masih tampak sibuk membersihkan meja makan, saya pun bergegas masuk ke dalam dan duduk di sebuah meja di pojok, menghindari Sinar matahari Jogyakarta yang mulai terik. pelayan pun lalu menghampiri saya dan menanyakan pesanan saya, sambil membagikan buku menu. saya pun memesan Gudeg komplit untuk saya, istri dan anak saya.

tidak berapa lama pesanan saya pun datang, nasi putih hangat, sayu gudeg dengan ayam kampung dan telor yang dibacem, ditemani krecek dan sambel yang cukup pedas disebuah wadah yang terbuat dari anyaman rotan berlapis daun pisang. Bacem ayam kampungnya terasa empuk ketika digigit, ada rasa manis yang pas dan tidak berlebih begitu juga dengan telor bacem dan nangkanya. sambel kreceknya begitu gurih, dan terasa pedas yang lumayan. tidak butuh waktu yang lama bagi saya untuk menghabiskan gudeg komplitnya. Teh panas dengan wangi khas saya gunakan sebagai penutup sarapan pagi saya di Gudeg Yu Djum. 

Gudeg Yu Djum
oh iya gudeg yu djum ini mempunyai beberapa cabang, kebetulan saya mampir di gudeg yu djum di Jalan Laksda Adisutjipto, dan ternyata di dekat hotel saya menginap yaitu di hotel dafam fortuna ada juga cabang Gudeg Yu Djum.

Lokasi Gudeg Yu Djum :


3 comments:

  1. Matt Tan dari MalaysiaJuly 31, 2017 at 3:00 PM

    Hi,
    Teh yang wangi khas itu mana boleh dapat? Kami ada sana, suka teh panas itu. Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Hi matt
    anda dapat membaca artikel ini http://www.harianjogja.com/baca/2015/12/19/kuliner-kulonprogo-teh-beraroma-asap-dari-dataran-tinggi-nglinggo-672606

    ReplyDelete
  3. tapi jika anda berkunjung ke gudeg yu Djum anda bisa memesan teh disitu juga, rasanya khas, wangi dan sedikit pahit

    ReplyDelete