Saturday, April 30, 2016

Soto Betawi Haji Husein, Sotonya Juara

warung Soto betawi Haji Husein
salah satu ikon kuliner soto betawi di Jakarta adalah Soto Betawi Haji Husein, warung sotonya yang terletak di jalan Minangkabau/Jalan padangpanjang Jakarta selatan tidak pernah sepi dikunjungi para pelanggannya, silih berganti para pelanggannya berdatangan hanya untuk menikmati racikan soto betawi Haji Husein. tempatnya yang tidak terlampau luas dan parkir kendaraan yang cukup susah karena berada di tepi jalan tidak menyurutkan hati untuk berkunjung ke soto betawi Haji Husein. saya pun ketika datang ke tempat ini jam 08.00 pagi sudah ramai dikunjungi, bangku dan meja panjang tampak ramai, orang orang tampak asyik menikmati kelezatan soto betawi Haji Husein. saya pun lalu mencari tempat dudukan di sudut warung soto betawi haji Husein yang masih tersisa, alhamdulillah masih dapat tempat duduk. tidak berapa lama pelayan menghampiri saya sambil menanyakan apakah saya sudah memesan, saya jawab saya belum pesan bang, saya memesan soto favorit saya yaitu Soto paru. si abangnya pun lalu bergegas ke bagian depan tempat meracik sotonya, 10 menitan saya menunggu pesanan saya datang, karena masih banyak antrian orang yang memesan baik dibungkus ataupun dibawa pulang. tidak berapa lama pesanan saya datang, semangkuk Soto paru didampingi sepiring nasi putih yang hangat,

soto paru saya pun sudah tersaji di depan saya, nasi putihnya lalu saya tambahkan acar diatas nasi putih saya, makan soto tanpa acar kayaknya tidak lengkap berasa ada sesuatu yang kurang.
Nasi Putih dan acar
soto parunya hadir dalam sebuah mangkuk ukuran sedang, kuah sotonya berwarna kuning dengan topping emping dan irisan daun bawang, sedangkan potongan parunya tersembunyi dibalik kuah soto, saya pun mulai mencicipi kuah sotonya, kuahnya tidak terlalu kental namun terasa gurih dan sedap, oh iya kuah soto paru haji husein tidak menggunakan santan namun menggunakan susu sebagai pengganti santan, sehingga kuahnya nampak tidak terlalu kental. rasa asem acar timun dan bawang dimakan bersama sesendok nasi yang sudah bercampur dengan kuah soto dan paru terasa begitu enak. parunya yang gurih dan garing menjadi empuk karena bercampur dengan kuah soto namun masih menyisakan sedikit krispinya menjadi sensasi tersendiri ketika menikmati soto. 
 Soto Paru
Di Soto Betawi Haji Husein selain menyajikan paru, menyediakan pula daging dan jeroan, nah uniknya soto daging Haji husein ini, dagingnya agak garing karena nampaknya digoreng terlebih dahulu, namun tidak kalah enak dengan soto parunya. pesan saya kalo mau ke Haji Husein jangan waktu jam makan siang, dijamin anda tidak kebagian tempat duduk, mesti antri atau paling sial anda tidak kebagian alias sudah habis.


Pilihan isi Soto betawi, paru, daging atau Jeroan


Lokasi Soto Betawi Haji Husein :


1 comment: