Thursday, May 19, 2016

Pecak Gurame Babeh Haji Nasun rasanya Nampol......

Pecak Gurame Haji Nasun
Pecak gurame, definisi pecak menurut saya yang dibesarkan di keluarga Betawi pinggiran Jakarta adalah cabe, bawang, jahe, diulek menjadi satu ditambah dengan perasan jeruk nipis, lalu disiramkan ke Ikan yang sebelumnya sudah digoreng, ikannya bisa apa saja, Bisa ikan Gurame, lele, ikan emas, Ikan Nila yah pokoknya yang berbau sama ikan, tapi bukan ikan laut yah biasanya Ikan air tawar. nah ada lagi pecak yang ditambahkan kacang yang diulek ditambah bumbu yang saya sebutkan diatas. nah kebetulan saya berkesempatan mencicipi pecak gurame Haji Nasun yang konon kabarnya sudah cukup kesohor. Rumah makan Haji Nasun ini terletak di Jalan Muhammad Kahfi 2 Jagakarsa, tidak jauh dari kawasan wisata Budaya Betawi Setu Babakan Jakarta Selatan. jadi untuk mencari rumah makan si babeh tidak terlampau sulit, apalagi sekarang sudah ada google maps jadi semakin dipermudah.

saya tiba di rumah makan haji Nasun tepat jam 08.30 pagi, ternyata rumah makannya belum buka penuh, rupanya masih dipersiapkan dan beberapa masakan masih belum siap untuk dihidangkan mungkin karena hari libur kali yah. Namun saya dengan ramah dipersilahkan masuk untuk menunggu dibangku yang sudah disediakan. cukup lama saya menunggu sampai rumah makannya buka, tepat 1 jam lebih saya menunggu akhirnya rumah makannya dibuka.  seperti niat awal saya kesini saya pun memesan Pecak Gurame.
Ikan Gurame bagian ekor sudah tersaji didepan saya, ikannya digoreng matang & garing dibagian luar namun daging bagian dalamnya lembut dengan dibalur kuah pecak yang yang sangat menggoda berwarna keemasan. ikan gurame gorengnya karena digoreng garing pas digigit itu ada terasa kresss namun tetap lembut dibagian dalamnya, walaupun ikannya terasa sedikit asin masih bisa ditoleransi, mengingat kuah pecaknya menutupi rasa asinnya. kuah pecaknya terasa segar, karena ada rasa asem perasan jeruk nipis namun juga menggigit karena rasa pedasnya, kacang goreng yang diulek kasar menambah sensasi tersendiri di dalam kuah pecaknya.

perlahan tapi pasti saya mulai menghabiskan 1 porsi pecak gurame, dan ditengah keasyikan menikmati pecak gurame, tanpa sadar pengunjung mulai ramai berdatangan menambah kesibukan pelayan yang mondar mandir mengantarkan pesanan. selain pecak gurame di rumah makan haji Nasun menyediakan pula gabus pucung dan masakan ala betawi lainnya.

suasana di rumah makan Haji Nasun

 alamat rumah makan Haji Nasun :

No comments:

Post a Comment