Monday, May 16, 2016

Kerak Telor Makanan Khas Orang Betawi


Kerak Telor
di event Google Local Guide Jakarta yang saya hadiri, ditampilkan beberapa makanan khas orang Betawi, sebagian orang sudah mengenalnya namun tidak sedikit orang yang baru tau apa itu Kerak Telor, dulu saya pun yang "ASLI" orang Betawi tidak tau apa itu kerak telor, bahkan bentuknya saja gak tau, apalagi rasanya. Namun seiring waktu Kerak Telor semakin populer apalagi dengan adanya gelaran tahunan Pekan Raya Jakarta, disini orang Bisa menikmati Kerak telor.

salah satu yang unik dari kerak telor ini adalah cara memasaknya, karena menggunakan anglo dan bahan bakar arang sebagai sarana memasaknya, plus sebuah kuali kecil. kebetulan saya melihat cara memasak kerak telor ini dari Abang abang penjual kerak telor (lupa nanya namanya xixixix). rendaman beras dimasukkan ke dalam kuali bersama sedikit air lalu dimasak sebentar, kemudian dicampur dengan telor, nah telor yang digunakan biasanya adalah telor bebek, namun bagi yang tidak menyukai telor bebek bisa diganti dengan telor ayam. saya sempat tanya ke bang ujang apa bedanya Telor bebek dan Telor ayam, dia bilang jika menggunakan telor bebek rasa kerak telornya akan lebih enak dan lebih gurih dibanding dengan menggunakan telor Ayam.



Nah beras dan telor bebek diaduk lalu ditambahkan dengan serundeng ebi (udang kering) lalu diaduk sampe lengket/menempel di kuali, lalu kualinya dibalik menghadap ke bara arang, dijamin itu kerak telor gak bakalan tumpah dan matang baik bagian bawah dan bagian atasnya.


Sedang memasak kerak telor
setelah kerak telornya matang, lalu ditambahkan serundeng dan bawang goreng diatasnya, nah kebayang kan rasanya gimana, kerak telor ini enaknya dinikmati saat masih panas. saya bilang kerak telor ini rasanya gurih gurih enak karena didapatkan dari serundeng, ebi dan bawang goreng. saya sempat ngobrol sama abang abangnya, biasanya dia berjualan di tempat wisata kota tua Jakarta dari pagi sampai menjelang malam, biasanya sehari dia bisa menjual kerak telor sebanyak 20 porsi dengan harga 20 ribu untuk kerak telor yang menggunakan telor ayam dan 22 ribu untuk kerak telor yang menggunakan telor bebek. si abang ini saya tanya tinggal dimana, dia bilang tinggal di daerah babelan Bekasi, namun jika kemalaman biasanya dia bermalam sekitaran stasiun Kota.   
  
Bahan bahan membuat kerak telor 

No comments:

Post a Comment