Monday, May 9, 2016

Apa itu Fitur Geo Tagging didalam Smartphone..?

dengan semakin majunya perkembangan teknologi terutama teknologi dibidang informasi, kita sebagai user semakin dimudahkan dalam beraktifitas, nah salah satunya adalah teknologi geo tagging yang disematkan dalam smartphone. para pemilik smartphone tentu ada yang mengetahui kegunaan dari fitur ini namun banyak juga yang belum mengetahui kegunaan dari fitur teknologi geo tagging ini. 

Geo tagging ini adalah proses menambahkan metadata berupa koordinat (longitude, latitude dan altitude). darimana data koordinat itu diperoleh..? data koordinat itu diperoleh dari GPS (global positioning system) yang disematkan di dalam smartphone. nah proses penambahan data koordinat itu biasanya banyak kita gunakan saat kita menggunakan kamera smartphone saat kita mengambil gambar. nah photo dari hasil pengambilan gambar dari kamera tersebut nantinya selain berisi data tanggal, merk smartphone, juga akan ditambahkan data koordinat tersebut.


lalu apa kegunaan penambahan meta data tersebut didalam photo ? kegunaannya adalah kita bisa mengetahui lokasi photo itu diambil, dengan membuka google maps lokasi photo tersebut akan tampak. Nah saat kita membuka google maps kita pun bisa memanfaatkan data geo tagging tersebut sebagai panduan dari lokasi kita berada sekarang menuju ke tempat tersebut dengan fasilitas Navigasi di Google maps. sebenarnya masih banyak hal positif dari fitur geotagging tersebut, namun juga jangan sampai lupa bahwa fitur tersebut ada sisi negatifnya, karena selain kita orang lain pun bisa membaca data geo tagging tersebut. namun jangan takut fitur tersebut dibisa dinonaktifkan didalam smartphone yang kita miliki. 

saya contohkan photo dibawah ini, ada yang mengetahui photo ini diambil dimana ? 



saya pun lalu membuka photo tersebut didalam google maps dalam smartphone, nah dari metadata photo tersebut diketahui data koordinatnya sebagai berikut :
Data Koordinat
Nah dari koordinat tersebut diketahui bahwa lokasi pengambilan photo tersebut adalah di dekat Monumen pancasila sakti Lubang Buaya.
Lokasi Pengambilan Photo



No comments:

Post a Comment