Friday, April 15, 2016

Warung Gabus Khas Betawi - Jatiasih

Warung Gabus Khas Betawi
Warung Gabus Khas betawi, jelas terpampang di sebuah papan warung makan sederhana di Bilangan Jatiasih Bekasi, letaknya memang agak masuk ke dalam, sehingga orang yang belum mengenal wilayah Jatiasih cukup kesulitan untuk mengetahui tempat ini. pertemuan saya dengan warung Gabus khas Betawi bisa dibilang karena sering lewat di Jalan raya depan warung ini, tempatnya sederhana dengan bangunan khas betawi, yaitu ruangan yang lega, dengan Meja panjang serta bangku panjang yang terbuat dari kayu, kayak warung makan jaman dulu dah. masuk warung ini ingatan saya seperti dipaksa kembali ke jaman saya kecil dahulu, dimana tetangga sekaligus saudara yang berjualan nasi uduk, dimana kita makan disebuah meja dan bangku yang panjang. saya pun lalu masuk dan melihat lauk yang dipajang di sebuah meja, mpok-mpok pelayan lalu bertanya kepada saya. saya pun celingak celinguk melihat lauk yang tersaji di depan saya, dan pandangan mata saya tertuju disebuah baskom besar berisi irisan jengkol goreng yang tampaknya enak buat makan siang saya.  lalu ikan teri pedas dan pepes tahu. sengaja saya tidak memesan Gabus pucung, berhubung kantong sedang tipis, karena Gabus pucung adalah hidangan yang cukup mahal buat orang betawi seperti saya he he he.


saya berpikir apalagi yang kurang dalam menu makan siang saya ini, dan saya bertanya sama mpok-mpok pelayannya, "ada sayur asem gak mpok ?", si Mpok pun menjawab "ada pak !", saya pun memesan semangkok sayur asem. kini di meja saya sudah tersaji makan siang saya dengan menu yang menarik dan menggugah selera saya, disamping nasi saya semangkok sayur asem khas betawi menjadi temannya. saya makan cukup lahap, Jengkol gorengnya legit pertanda jengkolnya sudah tua dan dimasak dengan kematangan yang cukup, Ikan teri digoreng garing sehingga ikan terinya krispi bercampur dan bumbu pedasnya, ditambah pepes jamur yang kenyal-kenyal gurih, sayur asemnya masih panas dengan rasa yang enak dan agak sedikit asin, kuahnya bening dengan potongan kancang panjang, jagung dan nangka muda serta potongan terong. Tidak terasa keringat bercucuran dengan deras, karena asyik menikmati makan siang saya ini, ditambah udara luar yang memang cukup panas, air putih ditambah es cukup membantu meringankan hawa panasnya. makan siang yang sederhana namun sangat nikmat.

Jengkol Goreng, Teri pedas dan Pepes Jamur
Sayur Asem

Lokasi warung gabus khas Betawi Jati Asih :

No comments:

Post a Comment