Friday, October 28, 2016

Masjid Tiban, Turen Malang

Masjid Tiban Turen
salah satu tujuan saya ke kota Malang akhir Agustus 2016, adalah masjid Tiban, yang berlokasi di Turen, sekitar 20 an Kilo dari kota Malang. jadi bisa saya masukan ke dalam List tujuan saya, mengingat saya hanya punya waktu 2 hari untuk menjelajah kota Malang yang ternyata cukup banyak tempat wisatanya, sehingga saya harus memilih salah satunya. Tiba di masjid Tiban sudah cukup siang mobil sewaan saya parkir ditempat yang telah disediakan oleh pengelola masjid Tiban. dari tempat parkiran kita dipandu untuk terlebih dahulu melapor ke pengelola masjid Tiban, dan kita akan diberi sebuah tiket masuk, harganya..? tidak ada harganya alias gratis, kita cukup memberikan infaq ke kotak yang telah disediakan oleh pengelola Masjid Tiban, oh iya Masjid Tiban ini ternyata merupakan salah satu komplek pesantren, so jadi jika berkunjung kesana gunakan pakaian yang sopan dan tertutup. setelah selesai melapor kita mulai masuk kedalam masjid tiban, di pintu masuk kita disambut jalan berupa lorong panjang yang menanjak dengan ornamen berwarna keemasan yang cukup indah, cahayanya temaram dengan udara yang sejuk.



Lorong Masjid
Dari lorong ini ternyata banyak jalan menuju ruangan ruangan yang ada didalam, yang ternyata didalam ruangan ini sama saja dimana ruangannya agak temaram karena cahaya yang masuk kurang. semakin masuk ke dalam semakin banyak ruangan yang terhubung satu dengan yang lainnya, saya tidak naik terlampau banyak lantai, mengingat masjid ini terdiri dari beberapa lantai dan masih ada beberapa bagian masjid yang sedang direnovasi atau pun penambahan ruangan. sejujurnya sebagai orang awam masjid tiban ini tidak dibangun secara langsung jadi, namun per bagian. ornamen didalam ruangan yang lainnya pun sama dengan ruangan yang lainnya yaitu ornamen bernuansa keemasan, berbeda dengan bagian luar masjid yang dominan berwarna biru, ornamen yang cukup Indah, mengingatkan saya dengan guci tiongkok yang berwarna dominan biru. di masjid Tiban ini saya sempatkan  sholat dzuhur dibagian dalam masjid. air wudhunya begitu tsejuk dan segar, ruangan untuk shalatnya pun minim cahaya alias temaram menambah khusyuk shalat dzuhurnya. selesai shalat dzhuhur saya pun melanjutkan berkeliling sekitar luar masjid dan tidak meneruskan ke lantai yang lebih tinggi, mengingat waktu saya cukup terbatas untuk menjelajah masjid ini. saya baru ngeh ketika melihat gapura pintu masuk menuju masjid tiban yang begitu Indah dan menawan seperti candi, Indah sekali.

Gapura Pintu Masuk Masjid Tiban
setelah puas berkeliling kita harus kembali melapor ke pengelola dengan menyerahkan kembali tiket yang kita terima saat masuk. so far masjid ini bisa jadi tujuan jika anda berkunjung ke kota Malang.

Lokasi Masjid Tiban, Turen-Malang :

No comments:

Post a Comment